Kamis, 15 Desember 2011

MENTERI PERTANIAN : PERANAN PERKEBUNAN TETAP PENTING

MENTERI PERTANIAN : PERANAN PERKEBUNAN TETAP PENTING:

HARI PERKEBUNAN-Perkebunan selama ini memegang peranan yang penting sebagai sumber penerimaan devisa negara. Tahun 2010 devisa dari perkebunan mencapai USD20 miliar yang berasal dari kelapa sawit USD15,5 miliar, karet USD7,8 miliar dan kopi USD1,7 miliar. Penerimaan negara dari cukai rokok Rp63 triliun, bea keluar minyak kelapa sawit Rp20 triliun dan bea keluar kakao Rp615 miliar.

Menteri Pertanian Suswono menyatakan hal ini pada puncak perayaan hari Perkebunan yang ke 54 di Gedung Pertemuan Umum Tambun Bungai Palangkaraya. Kedepan Suswono mengharapkan supaya Indonesia tidak lagi jadi eksportir barang mentah atau setengah jadi tetapi finish product sehingga nilai tambah ada didalam negeri.

Peranan penting perkebunan yang lain adalah penyerap tenaga kerja. Di tingkat on farm saja tenaga kerja yang diserap mencapai 19,7 juta orang. “Kedepan peranan perkebunan tetap penting bahkan semakin penting untuk mengurangi kemiskinan,menyerap tenaga kerja, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan sumber energi” kata Suswono.

Tidak ada komentar: